Program Guru Desa Melek Komputer


  • 02-02-2015
  • Fadjar Efendy Rasjid

Listyo Yuwanto

Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Program guru desa melek komputer yang telah dilakukan Laboratorium Psikologi Umum Universitas Surabaya di Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI) Cangkringan Sleman pada tahun 2014 telah tercapai dengan bahan pelatihan pengenalan komputer dan Program Microsoft Word. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan program pelatihan Microsot Word didapatkan data bahwa pendidik anak usia dini dituntut untuk dapat membuat media pembelajaran berbasis komputer. Dengan demikian maka perlu adanya pembekalan Program Microsoft Publisher. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan kesemua guru yang tergabung dalam IGTKI Cangkringan Sleman masih belum memiliki kemampuan mengoperasikan program Microsoft Publisher. Mengacu pada kondisi tersebut, diadakan pelatihan komputer program Microsoft Publisher pada tanggal 20 Januari 2015 bertempat di TK Kuncup Mekar Cangkringan Sleman. Peserta pelatihan sebanyak 36 guru yang berasal dari 15 TK perwakilan dari 5 Desa di Cangkringan Sleman. Jumlah peserta mengalami peningkatan dari pelatihan yang diadakan pada tahun 2014. Pada tahun 2014 jumlah peserta sebanyak 36 guru dari 13 TK perwakilan 3 Desa di Cangkringan Sleman.

Pelatihan Program Microsoft Publisher ini juga sekaligus ajang promosi buku berjudul Mahir Microsoft Publisher Bagi Pendidik Anak Usia Dini yang ditulis dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi. Tujuan promosi tidak hanya sekadar untuk menunjukkan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya memiliki potensi menghasilkan karya ilmiah tetapi juga menstimulasi guru-guru IGTKI Cangkringan Sleman untuk juga berkarya dan mulai menulis buku. Perlu diketahui pembaca, bahwa guru-guru IGTKI Cangkringan Sleman memiliki potensi untuk menghasilkan karya baik itu alat peraga ataupun permainan yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini serta melestarikan budaya lokalnya dalam pendidikan. Sebagai contoh, beberapa guru IGTKI Cangkringan Sleman telah turut berpartisipasi dalam pembuatan social stories ala Punakawan sebagai bagian dalam pengembangan social stories ala punakawan sebagai media pendidikan karakter bagi anak usia dini.

Kondisi IGTKI kecamatan Cangkringan Sleman merupakan potensi bagi Laboratorium Psikologi Umum untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat terutama yang melibatkan dosen, mahasiswa, dan alumni. Dengan adanya kebutuhan pendidik anak usia dini IGTKI Kecamatan Cangkringan Sleman, dapat dilakukan pelatihan program komputer Microsoft Publisher untuk kepentingan pembuatan alat peraga edukasi. Keberadaan Pendidik Anak Usia Dini IGTKI Kecamatan Cangkringan Sleman di area rural (pedesaan) merupakan potensi untuk pengembangan jejaring dan kerjasama, sehingga memperkuat backgroundLaboratorium Psikologi Umum dalam bidang pengabdian masyarakat tidak hanya di area urban namun juga area rural. Program ini selain sebagai bentuk tindaklanjut dari program melek komputer bagi guru desa yang telah diberikan sebelumnya, sekaligus mempertahankan kerjasama yang saling menguntungkan dengan IGTKI Cangkringan Sleman.

Update: 02-02-2015 | Dibaca 5223 kali | Download versi pdf: Program-Guru-Desa-Melek-Komputer.pdf