Lepas Mahasiswa Asing, Ubaya Adakan Perpisahan


  • 09-01-2015
  • Fadjar Efendy Rasjid

Jumat, 9 Januari 2015 berlangsunglah acara perpisahan untuk 19 mahasiswa-mahasiswi asing yang telah menuntut ilmu di Ubaya selama 1 semester. Berlokasi di Ruang Seminar Gedung International Village, acara ini resmi dimulai dengan sambutan Direktur Pusat Bahasa, Drs. Besin Gaspar, M.Pd., pukul 10.00 WIB.

Selain belajar di dalam kelas, mahasiswa asing ini juga berkesempatan untuk belajar di luar ruangan sekaligus mempelajari budaya Indonesia. Rose Ravenhorst, mahasiswi dari Maastricht University, Belanda ini mengaku senang belajar di Ubaya, hal ini dikarenakan mahasiswa-mahasiswi Ubaya yang sangat ramah dan sering mengajak Rose jalan-jalan ke tempat wisata di Surabaya. “Belajar di Ubaya sangatlah menarik, karena di sini kami belajar banyak perbedaan budaya antara Indonesia dan Belanda,” tuturnya.

Serupa tapi tak sama dengan Rose, Yung Long Ma, mahasiswa dari SIAS International University, China juga mengemukakan hal serupa. Selama belajar di Ubaya, Long Ma berkesempatan untuk mempelajari Bahasa Indonesia sekaligus mencicipi beberapa makanan khas Surabaya. Hasilnya lumayan, sekarang Long Ma mampu berbicara Bahasa Indonesa sedikit-demi sedikit. “Mengambil kelas di Ubaya itu sangat menyenangkan, karena berbeda dengan China yang sangat sibuk, mahasiswa di Indonesia sangat ramah di awal kali pertemuan,” tutupnya. (dnl)

Update: 09-01-2015 | Dibaca 8160 kali | Download versi pdf: Lepas-Mahasiswa-Asing--Ubaya-Adakan-Perpisahan.pdf