Kepedulaian Instusi Pendidikan Terhadap Masyarakat Akan Pentingnya Perkembangan Teknologi


  • 12-12-2013
  • Fadjar Efendy Rasjid

Jaman sekarang apa saja bisa didapatkan dalam hitungan detik dan tak perlu repot untuk mendapatkannya. Dengan hanya berdiam diri saja dirumah, pilih mana yang disukai lalu pesan dan pembayarannya bisa langsung ditransfer tanpa kita harus keluar rumah mencari atm. Praktis bukan? Berbeda dengan dulu sebelum bisnis online mewabah dimana-mana, contohnya bila kita ingin membeli pakaian pasti dicoba berkali-kali dan belum tentu pas dengan keinginan kita dan akhirnya tidak jadi membelinya. Tetapi sekarang rata-rata semua kebutuhan apa saja dengan mudah bisa didapat dibisnis online.

Dari penelitian yang menggunakan usaha online antara umur 25 hingga 44 tahun adalah pria sebanyak 40% dan 60% wanita. Wanita lebih banyak menggunakan usaha online untuk berbisnis menjual kebutuhan wanita dari pakaian, tas, sepatu hingga aneka kue kering yang dijual saat hari-hari raya sebagai peluang besar. Tetapi selain itu ada yang harus diperhatikan untuk berbisnis online, yaitu foto produk, deskripsi produk dan pengemasan. “Setelah itu cara pembayaran yang tepat dan sesuai juga dipikirkan dan yang tak kalah penting adalah pengiriman yang sesuai produk dan tepat waktu,” tutur Stepanus Eko Wahyudi sebagai pembicara di Seminar Internet Marketing.

Pameran Komputer dan Gadget Aplikom Year End Sale 2013 yang diadakan tanggal 4-8 Desember 2013 berlangsung di Convention Hall Tunjungan Plasa 3 Surabaya. Adalah kerjasama antara Ubaya dengan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia Jawa Timur (APKOMINDO) yang mengadakan seminar untuk masyarakat umum akan pentingnya teknologi. Ada 2 seminar yang dihadirkan, yang pertama adalah “Internet sehat & cerdas” ditunjukan kepada guru-guru SMP, SMA dan SMK yang diberikan arahan mengenai sopan dan santun dalam berkomentar diinternet untuk siswa-siswi. Pembicara dalam seminar ini ada dari sisi pisikologis, sisi hukum, asosiasi pengusaha jasa internet. Seminar yang kedua membahas tentang “Internet marketing” tujuannya menjaring masyarakat ekonomi kecil dan menengah agar mereka mempunyai chenel baru dalam berbisnis, saling sharing tentang bisnis online dan kendala apa saja yang sering terjadi langsung oleh pakar IT.

Soleh Hadi Setiawan sebagai ketua pelaksana berharap seminar yang diadakan memberikan banyak pengetahuan kepada masyarakat tentang internet yang baik dan yang ingin terjun dibisnis online. Selain seminar ini, Ubaya ternyata mempunyai bentuk kepedulian lain yaitu adanya kursus formal dan in formal untuk memperdalam kemampuan seseorang dalam bidang Teknologi Informatika bagi siswa yang kurang mampu. Kursus ini dibuka untuk umum SMP, SMA /SMK serta pelatihan untuk guru. Harapannya supaya instusi pendidikan lebih peduli pada masyarakat dalam perkembangan teknologi yang berdampak besar pada masyarakat. Itulah paparan dari Director Office of Institutionsl Cooperstion Chistina Avanti Ph D. (uli/wu)

Update: 12-12-2013 | Dibaca 4625 kali | Download versi pdf: Kepedulaian-Instusi-Pendidikan-Terhadap-Masyarakat-Akan-Pentingnya-Perkembangan-Teknologi.pdf