Tas Kayu Kaya Guna


  • 02-12-2013
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURABAYA - Keamanan dokumen dan gadget menjadi perhatian utama seorang eksekutif. Mereka butuh penyimpanan yang aman. Untuk itu, tas buatan Dharmansyah Himawan, mahasiswa Ubaya, ini bisa menjadi alternatif. Tas berbahan papan kayu itu multifungsi atau punya banyak kegunaan.

Dharmansyah yang mahasiswa teknik industri itu merancang tasnya dari bahan kayu MBF, yaitu papan dari serbuk kayu yang dicampur lem dan bahan lain. Papan itu lantas dirakit menjadi tas seperti koper yang multifungsi. Konsepnya minimalis dan tidak banyak aksen. Namun, kesannya justru elegan.

"Yang pasti, manfaatnya jelas. Paling tidak ada dua fungsi. Yaitu, pelindung gadget sekaligus penyimpan dokumen," ujarnya. Namun, bisa juga fungsi-fungsi itu diambil secara terpisah dengan "membelah" tas. Sebab, sebenarnya tas itu bisa dipisah menjadi dua. Jadi, ini bergantung pada kebutuhan penggunanya.

Karena dikonsep untuk tas kantor, yang paling pas menggunakannya memang orang kantoran. "Biasanya mereka sering membawa laptop, gadget, dan dokumen sekaligus. Jadi, kami membuatnya lebih efisien dan praktis," kata mahasiswa semester 5 ini. Selain fungsi-fungsi tersebut, tas buatan Dharmawan bisa digunakan untuk meja laptop dan meja tulis. Satu tas bisa digunakan untuk aktivitas bekerja di mana saja. "Cukup praktis," ucapnya.

Dharmansyah mengaku tas produksinya tidak berat. Sebab, bersama rekan-rekannya, seperti Novi Melsalina, Giovani Christanto Joyo, Andry Budianto, Aninda Yunishinta, dia memastikan bahan kayu MBF untuk tas itu sangat ringan dan awet. (ayu/c2/roz)

Sumber: Jawa Pos, 2 Desember 2013

Update: 02-12-2013 | Dibaca 8456 kali | Download versi pdf: Tas-Kayu-Kaya-Guna.pdf