Kekompakkan Family Day


  • 11-11-2013
  • Fadjar Efendy Rasjid

Ubaya memang tidak akan sepi dari acarayang seru, salah satunya yang diselenggarakan pada 25 Oktober 2013 lalu, yakni Family DayKelompok Bermain (KB)Sanggar Kreatifitas dan Tempat Penitipan Anak (TPA)Rumah Ceria. Acara inibukanlahuntuk mahasiswa ataupun siswa SMA, melainkan untuk anak-anak usia bayi tiga tahun (batita). Acara yang diselenggarakan oleh Divisi Pendidikan Anak – Pusat Konsultasi dan Layanan Psikologi (PKLP)Ubaya ini merupakan acara rutin setiap tahun yang bertujuan untuk membangun relasi yang lebih erat antara orang tua dan anak.

“Acara ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, karena sesungguhnya pendidikan bukan menjadi tanggung jawab sekolah saja. Orang tua juga harus aktif dalam mendidik anak, karena waktu anak lebih banyak dihabiskan di rumah daripada di sekolah. Tanpa adanya peran serta dukungan orang tua, seorang anak tidak akan dapat menjadi seperti yang diharapkan” jelas Shinta Oktavianic SPsi selaku Kepala Sekolah KB Sanggar Kreativitas.

Ada juga permainan yang dinamakan “Kaki Gajah”. Dalam permainan ini orang tua dan anak harus kompak dan bekerja sama dalam memindahkan pijakan kardus yang disediakan untuk menuju garis finish. Diharapkan kedekatan dan kekompakan dalam satu keluarga dapat ditingkatkan melaui permainan ini. Yang tak kalah seru ada permainan anak menyuapkan bubur ke orang tua. Peraturan permainan mengharuskan orang tua untuk menutup mata saat anak menyuapkan bubur. Tujuan permainan ini adalah untuk meningkatkan afeksi anak ke orang tua serta melatih saraf motorik anak. Permainan terakhir adalah permainan lempar bola, yang melatih motorik kasar serta rasa kompetisi dalam diri anak.

Anak-anak dan orang tua mereka berkesempatan untuk foto bersama di photo booth dengan beberapa aksesoris lucu yang telah disediakan. Keceriaan anak-anak semakin bertambah ketika difoto, apalagi pose-pose mereka yang mengundang senyuman.

Kepala Sekolah TPA Taman Ceria, Ibu Ivonne Edrika, S.Psi, Psikolog mengatakan orang tua sangat mendukung acara ini, bahkan ada yang sampai rela ijin bekerja untuk berpartisipasi dalam acara ini.(mgl/wu)

Update: 11-11-2013 | Dibaca 8987 kali | Download versi pdf: Kekompakkan-Family-Day.pdf