Mahasiswa UBAYA Raih 3 Emas Dalam Liga Mahasiswa


  • 04-07-2013
  • Fadjar Efendy Rasjid

Penulis : Edy M Yakub

Surabaya (Antara Jatim) - Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) Octavian Riyanto meraih tiga medali emas dan satu medali perunggu saat turnamen "Liga Mahasiswa 2013" yang diikuti puluhan mahasiswa dari 12 universitas se-Indonesia di Jakarta pada 29-30 Juni lalu.

"Liga Mahasiswa 2013 itu mempertandingkan renang, basket, dan bulu tangkis, tapi saya ikut cabang olahraga renang, sedangkan empat rekan mahasiswa Ubaya ikut pada cabang lainnya," kata mahasiswa semester 6 Jurusan Multimedia Fakultas Teknik Ubaya itu di Surabaya, Rabu.

Mahasiswa yang juga mendapatkan tropi sebagai Perenang Terbaik Putra 2013 itu menjelaskan dirinya mengikuti renang pada empat gaya yakni 50 meter gaya kupu-kupu, 50 meter gaya punggung, 50 meter gaya bebas, dan 4x100 estafet gaya ganti/campuran.

"Saya meraih waktu tercepat pada 50 meter gaya kupu-kupu (27' 76''), 50 meter gaya punggung (30' lebih), dan 50 meter gaya bebas (26' 06''), sedangkan medali perunggu di cabang estafet gaya campuran, tapi waktu terbaik saya adalah 25' pada renang gaya bebas," katanya.

Anggota 'Eagle Club' KONI Surabaya yang merupakan putra pasangan Rajiman-Renny itu mampu mengalahkan 60 mahasiswa lain pada cabang renang.

"Saya tidak menyangka mendapat penghargaan terbaik se-Indonesia dalam turnamen kali ini, karena selama pertandingan saya berhadapan dengan perenang senior yang tak kalah hebat. Ya, mungkin keberuntungan sedang berpihak kepada saya," katanya, merendah.

Padahal, kata mahasiswa yang belajar berenang sejak usia 4,5 tahun itu, dirinya sudah lama meninggalkan cabang renang, karena sejak tahun 2006 sudah menggeluti "fin swimming" (selam) yang merupakan renang di bawah permukaan air dengan menggunakan alat mirip sirip.

"Tahun itu (2006), saya sudah masuk Puslatda Jatim dan akhirnya ikut PON Kaltim (2008) dengan meraih satu perak dan satu perunggu, Sea Games (2011) dengan meraih satu medali emas, dan PON Riau (2012) dengan meraih satu medali perunggu," katanya.

Tahun 2013, ia mengikuti Liga Mahasiswa 2013 di Jakarta mewakili Ubaya bersama empat rekannya, tapi dia ikut cabang renang. Keempat rekannya adalah Abi Nurrafdi, Stevan Saputro, Bernard Yoseft, dan Priyono Ongkowijaya.

"Sebagai atlet yang juga mahasiswa, kendala saya adalah bila waktu benturan antara olahraga dan kuliah, karena itu saya sempat cuti satu semester saat hendak mengikuti Sea Games," katanya. (*)
Editor : Endang Sukarelawati

Sumber: http://www.antarajatim.com

Update: 04-07-2013 | Dibaca 5631 kali | Download versi pdf: Mahasiswa-UBAYA-Raih-3-Emas-Dalam-Liga-Mahasiswa.pdf