Joint Council Coming To Ubaya


  • 09-11-2012
  • Fadjar Efendy Rasjid

Pernahkah kita berpikir untuk melanjutkan kuliah di luar negeri? Untuk bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri, Ubaya telah menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai universitas di luar negeri, seperti di Australia, China, Eropa, Jerman, Belanda, Kanada, Filiphina, Vietnam, Thailand, Malaysia, Korea, Macau, Prancis, Mexico, dan USA. Tidak berhenti sampai di sana, kini Ubaya sedang berusaha meningkatkan hubungan kerja sama dengan universitas-universitas di Amerika Serikat.

Dewan Kemitraan Pendidikan Tinggi Amerika Serikat–Indonesia atau Joint Council adalah sebuah organisasi bilateral yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan antar Amerika Serikat dan Indonesia dalam bidang pendidikan. Secara khusus, Joint Council bekerja sama dengan sektor publik dan swasta dengan tujuan untuk meningkatkan pertukaran pelajar, dosen, dan tenaga pendidikan.

Atas dasar hal tersebut, pada 7 November 2012 lalu perwakilan dari universitas-universitas di Amerika Serikat datang ke Ubaya. “Hal ini memberi kesempatan bagi mahasiswa kita untuk mengembangkan kemampuannya di luar negeri. Saat ada sektor pendidikan yang memiliki tujuan yang sama, maka ada peluang bagi kita untuk bekerja sama dan menjalin interaksi dengan mereka,” ujar Prof Ir Joniarto Parung MMBAT PhD selaku Rektor Ubaya.

Beberapa universitas yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Chemeketa Community College, Leeward Community College, Highline Community College, Miami University, Michigan Tech University, Northern Virginia Community College, Portland State University, Rutgers University, dan University of Southern California. Tiap-tiap universitas juga menawarkan program yang berbeda-beda seperti program “3+2” yang ditawarkan oleh Rutgers University, dimana mahasiswa akan belajar 3 tahun di Indonesia dan 2 tahun di Rutgers University. Sebagian dari universitas ini tidak mementingkan nilai TOEFL yang tinggi.

Tidak menutup kemungkinan pula, mereka akan mengirimkan mahasiwanya ke Ubaya. Salah satu program dari Ubaya yang menarik perhatian mereka adalah Summer Programs yang dapat diikuti selama 2 minggu atau 1 bulan. Ubaya juga mengharapkan kerja sama yang baik dengan mereka dan bisa mengirimkan mahasiswanya untuk mendapatkan Dual Degree maupun mengadakan pertukaran pelajar. Terutama Fakultas Psikologi yang belum mempunyai hubungan kerja sama untuk Dual Degree di luar negeri bagi mahasiswa. (re2,cyn/wu)

Update: 09-11-2012 | Dibaca 12142 kali | Download versi pdf: Joint-Council-Coming-To-Ubaya.pdf