Obat Herbal, Antara Khasiat Dan Keamanannya


  • 24-04-2013

Di zaman seperti ini, makin banyak obat-obatan yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya obat herbal. Obat herbalyang berasal dari tumbuhan, termasuk dalam obat tradisional, di mana obat tradisional juga dapat berasal dari hewan dan mineral. Kandungan dalam obat herbal sangat banyak, bahkan untuk satu tumbuhan saja mencapai ratusan kandungan kimianya. Manfaat dari obat herbal tergantung dari apa jenis tumbuhannya, karena kandungan tiap jenis tumbuhan berbeda. Salah satu tumbuhan memiliki kandungan yang mirip tetapi efeknya yang sangat berbedaadalah manggis. Pada tanaman ini terdapat senyawa yang bernama mangosteen, dengan sedikit perbedaan struktur dapat memiliki efek berbedatergantung jenis senyawa apa yang dominan.

Prinsip pengobatan obat tradisional dengan obat kimia sangat berbeda. “Obat kimia itu jika diandaikansebagai senjata, dapat menembak tepat pada sasarannya.” ujar Dr Oeke Yunita Ssi Msi Apt selaku dosenFakultasFarmasi. Berbeda dengan obat herbal yang pemakaiannya harus berulang dan memakan banyak waktu, tetapi dosisnya lebih kecil. Beberapa obat kimiapun sebenarnya berasal dari tanaman kemudian disintesissecara kimia, contohnya taxol, obat kanker. Perbedaan antara jamu, obat herbalterstandar (OHT)dan fitofarmakaadalahjika jamu digunakan berdasarkan pengalaman (empiris), OHT merupakan obat herbal yang telah terstandarisasi bahan bakunya dan teruji secara pra klinik, sedangkan fitofarmaka merupakan obat herbal dengan bahan baku dan produk terstandar dan telah teruji secara pra klinik dan klinik.

Seperti halnya dua sisi mata uang, khasiat dan manfaat obat herbal juga tidak lepas dari efek samping, apalagi jika pada jamu ditambah dengan bahan-bahan kimiaobat (BKO). “Penambahan BKO pada jamu dapat mengakibatkan interaksi yang merugikan kesehatan konsumen.” lanjutnya.Untuk mengetahui obat herbal yang bagus, harus memenuhi tigakriteria yaitu bermutu, aman dan berkhasiat. Dari segi keamanan penggunaan obat herbal, perlu diwaspadai saat kita mengkonsumsi tanpa aturan pakai dan tanpa dosis yang tepat karena dampaknya bisa merugikan kesehatan. “Di Fakultas Farmasikamimempunyai tim risetyang meneliti mengenai safety assessmentobat herbal hingga ke tingkat molekuler.Ide penelitian ini telah diapresiasi tingkat internasional pada ajang Alltech Young Scientist, yang berpusat di Lexington, US, dan riset telah didanai oleh berbagai sponsor seperti Danone Institute Indonesia dan Indofood Riset Nugraha” tutupnya. (re/wu)

Update: 24-04-2013 | Dibaca 9290 kali | Download versi pdf: Obat-Herbal--Antara-Khasiat-Dan-Keamanannya.pdf