27 PTS Lakukan Seleksi Bersama


  • 09-01-2009
  • Fadjar Efendy Rasjid
Sebanyak 27 perguruan tinggi swasta bergabung untuk mengadakan saringan bersama calon mahasiswa baru 2009. Perguruan tinggi swasta peserta seleksi itu berlokasi di Medan, Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Surabaya.

Seleksi bersama tersebut menggunakan jasa Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Adapun ujian masuk bersama (UMB) untuk perguruan tinggi swasta tersebut dilaksanakan pada 14 Februari 2009. Tersedia 28.000 kursi bagi mahasiswa dengan 361 program studi di 27 perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Sekretaris Perhimpunan SPMB Soesmalijah mengatakan dalam jumpa pers, Kamis (8/1), UMB perguruan tinggi swasta (PTS) tersebut baru pertama kali dilaksanakan.

Ujian tersebut akan dilaksanakan oleh Perhimpunan SPMB. Lembaga pelayanan tes tersebut telah berpengalaman menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi negeri selama 30 tahun.

”Kini, perguruan tinggi negeri sudah mandiri menyelenggarakan sendiri seleksinya,” ujar Ketua Penelitian dan Pengembangan Perhimpunan SPMB Usman Chatib Warsa.

Usman mengatakan, perguruan tinggi swasta tersebut banyak yang masuk dalam daftar 50 perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2006.

Pelaksanaan ujian bersama seleksi 27 PTS secara nasional tersebut dilaksanakan satu hari. Biaya ujian sebesar Rp 225.000 per orang untuk IPA atau IPS.

”Calon mahasiswa dapat memilih bebas sebanyak-banyaknya tiga program studi dalam satu atau lebih PTS. Ini lebih efisien karena calon mahasiswa hanya cukup satu kali ujian untuk memilih beberapa perguruan tinggi. Untuk ujian PTS ini tidak ada formulir IPC,” kata Soesmalijah.

Perguruan tinggi swasta akan berperan juga sebagai panitia lokal. Peserta dapat mendaftar dan ujian di PTS terdekat.

Skala nasional

Rektor Universitas Surabaya Prof Wibisono Hardjopranoto mengatakan, perguruan tinggi swasta melihat banyak lulusan sekolah menengah atas yang tidak tertampung di perguruan tinggi negeri.

”Sebagian dari mereka mempunyai track record yang baik. Untuk Universitas Surabaya mereka akan mendapatkan kesempatan mendapatkan beasiswa karena secara akademis potensial,” ujarnya.

Seleksi calon mahasiswa baru secara nasional tersebut menjadi salah satu persyaratan untuk menjadi perguruan tinggi swasta berkelas dunia. Standar nasional mutu untuk perguruan tinggi swasta diharapkan akan naik pula dengan adanya seleksi secara nasional yang terstandardisasi.

Perhimpunan SPMB Nusantara akan tetap mengedepankan kualitas, yakni dengan adanya standar skor nasional.

Sebagai salah satu jalur masuk, perguruan tinggi swasta menyediakan kuota yang berbeda lewat jalur UMB PTS tersebut, yakni 30-100 persen. Perguruan tinggi swasta masing-masing juga akan menyelenggarakan jalur masuk lain. (INE)

sumber: Kompas, 09-01-2009
Update: 09-01-2009 | Dibaca 14074 kali | Download versi pdf: 27-PTS-Lakukan-Seleksi-Bersama.pdf