Mahasiswa Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya Juara Dalam Lomba Akuntansi Antar Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia


  • 22-05-2013
  • Fadjar Efendy Rasjid

Berhasil Meraih Juara 1 dan Juara Umum Lomba Akuntansi Antar Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia Tahun 2013

Prestasi luarbiasa dan membanggakan telah diukir oleh mahasiswa Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya di ajang Lomba Akuntansi Antar Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia Tahun 2013. Setelah melalui tahapan lomba yang ketat akhirnya Evinda (Angkatan 2010), salah satu wakil terbaik mahasiswa Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya berhasil menjadi Juara 1 dan Juara Umum Lomba Akuntansi Antar Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia Tahun 2013 yang diselenggarakan pada tanggal 17-18 Mei 2013 di Politeknik Negeri Bali. Prestasi fenomenal ini sekaligus mencatatkan Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya sebagai politeknik swasta pertama yang memenangkan Lomba Akuntansi Antar Mahasiswa Politeknik Se-Indonesia.

Dalam babak final terpilih 20 peserta terbaik dari seluruh peserta perwakilan mahasiswa Akuntansi terbaik Politeknik Se-Indonesia. Pada babak ini tiap peserta diminta untuk melakukan presentasi dengan tema akuntansi. Berikutnya tiap peserta diminta mengerjakan soal kasus komprehensif tentang akuntansi yang membutuhkan penguasaan materi dan logika yang kuat. Akhirnya, perjuangan Evinda membuahkan hasil maksimal dengan menyabet Juara 1. Tidak hanya itu saja, atas perolehan nilai dari babak penyisihan sampai dengan babak final yang tertinggi dari seluruh peserta Evinda juga berhak menyandang predikat Juara Umum. Atas kemenangan tersebut maka Evinda berhak membawa pulang piala tetap dan piala bergilir. Sedangkan untuk Juara 2 dan Juara 3 dimenangkan oleh Politeknik Negeri Semarang.

Dalam lomba ini Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya selain mengirimkan Evinda juga mengirimkan 2 orang mahasiswa terbaiknya, Shilvi (Angkatan 2010) dan Made Jessica Yolanda Kusuma Dewi (Angkatan 2011). Tetapi sayang kali ini mereka belum berhasil meraih hasil maksimal. Dosen pendamping dari Politeknik Ubaya yang pada waktu ini diwakili oleh Ibu Diah Anugrah Sharasanti, S.E.,MM.,Ak terpilih menjadi juri dalam lomba tersebut. Evinda adalah mahasiswa semester VI yang saat ini tinggal menyelesaikan Tugas Akhir dan telah langsung direkrut bekerja pada saat melakukan magang kerja di Kantor Akuntan Publik Teramihardja, Pradhono & Chandra pada bulan Februari 2013.

Lomba yang diadakan setiap tahun ini dibuka oleh Gubernur Bali dengan mengambil tema "Tingkatkan Mutu dan Relevansi untuk Menghasilkan Tenaga Akuntansi Profesional yang Berdaya Saing Global”. Hampir seluruh Politeknik negeri dan swasta papan atas ikut berpartisipasi mengirimkan wakil mahasiswa terbaiknya, antara lain Politeknik Negeri Jakarta (d/h Politeknik Negeri UI), Politeknik Negeri Bandung (d/h Politeknik Negeri ITB), Politeknik Negeri Semarang (d/h Politeknik Negeri UNDIP), Politeknik Negeri Malang (d/h Politeknik Negeri UNIBRAW), Politeknik Negeri Bali (d/h Politeknik Negeri Universitas Udayana), Politeknik Negeri Medan (d/h Politeknik Negeri USU), Politeknik Negeri Sriwijaya (d/h Politeknik Negeri UNSRI), Politeknik Caltex Riau, Politeknik Negeri Batam, Politeknik LP3i Jakarta, dan Politeknik Pos Indonesia.

Prestasi ini tentu saja menggembirakan bagi Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya. Bagaimana tidak, jika tahun lalu di keikutsertaannya yang pertama Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya hanya mampu menempatkan wakilnya di peringkat 11 dan 16 babak final kali ini langsung melesat menjadi Juara 1 dan Juara Umum. Tantangan besar bagi Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya untuk terus berbenah dan bekerja keras meningkatkan kompetensi mahasiswanya sehingga tahun depan diharapkan gelar ini tetap menjadi milik Prodi Akuntansi Politeknik Ubaya.