Aplikasi Berbasis Web Untuk Aplikasi Masa Depan ?


  • 30-06-2010

oleh: Fadjar Efendy Rasjid, S.Kom.

Bagaimana trend aplikasi untuk masa depan? pertanyaan ini timbul setelah bertahun-tahun kita dihadapkan berbagai aplikasi untuk membantu berbagai macam pekerjaan dan tugas kita. Kalau melihat kecenderungan saat ini banyak tersedia aplikasi online berbasis web, misalnya aplikasi penjualan seperti Point Of Sales (POS), aplikasi ERP, aplikasi perpustakaan, perwalian online, aplikasi manajemen aset dan masih banyak lagi. Facebook, twitter, Yahoo mail, Gmail merupakan aplikasi berbasis web yang ngetrend pada saat ini.

Kalau selama ini biasanya kita menginstall aplikasi yang dibutuhkan di komputer kita sendiri (seperti program untuk mengetik/perkantoran) atau aplikasi custom, di masa depan akan semakin banyak aplikasi yang tersedia melalui Internet dan cukup diakses melalui browser. Pernahkah terpikir, pada suatu saat nanti Setiap kali menjalankan program/aplikasi, yang harus dijalankan adalah "Browser".

Aplikasi yang diinstall di komputer atau PC kita biasanya disebut aplikasi desktop. Nah kalau program yang sudah diinstall ke komputer atau PC kita hilang atau rusak maka kita harus menginstallnya lagi. Kalau untuk aplikasi yang berbasis web, kita tinggal menyalakan browser lalu memanggil alamat lokasi aplikasi itu, sangat mudah bukan, tidak perlu takut kehilangan program karena virus dan lain-lain.


Beberapa kemudahan dan keuntungan menggunakan aplikasi berbasis web antara lain:

  1. Bisa diakses dari mana saja. Aplikasi terpasang di server, kita bisa mengakses aplikasi tersebut dari mana saja dan dengan komputer apa saja.
  2. Multi platform artinya bisa digunakan pada sistem operasi apa pun. Karena berbasis Intranet/Internet dan diakses melalui browser, maka kita bisa mengakses aplikasi tersebut dengan sistem operasi apa pun. Diakses dengan sistem operasi Linux, Windows atau Mac OS, kita hanya perlu menggunakan browser dan aplikasi itu akan berjalan dengan sempurna.
  3. Program yang kita perlukan hanyalah browser (Mozilla Firefox, Internet Explorer maupun browser lainnya), tidak perlu menginstall program lain, yang pasti sudah tersedia langsung di dalam sistem operasi. Tentu ini memudahkan kita karena tidak perlu lagi menginstall untuk menggunakan suatu aplikasi. Keuntungan ini sangat terasa sekali apabila suatu perusahaan mempunyai ribuan komputer. Kalau sebelumnya aplikasi tersebut harus diinstall satu per satu di semua komputer yang digunakan, sekarang tidak perlu lagi menginstal program apapun.
  4. Selalu mendapatkan versi terbaru dari aplikasi. Karena aplikasi tersebut terpasang di server Intranet/Internet, perusahaan pembuat aplikasi bisa memperbarui aplikasinya terus-menerus. Begitu kita mengakses aplikasi itu, yang kita dapatkan pasti adalah versi terbaru. Tidak perlu lagi kita melakukan upgrade, menginstall service pack, maupun berbagai hal lainnya yang merepotkan.

Di masa depan, apakah tidak mungkin aplikasi web sudah menyediakan pengolah kata dan spreadsheet untuk pengguna menghemat biaya daripada membeli aplikasi perkantoran dan menginstal pada setiap komputer secara individual. Dan disinilah aplikasi web bertugas menggantikan aplikasi-aplikasi desktop yang dominan pada saat ini.

Untuk aplikasi web yang canggih, aplikasi web menjadi lebih siap untuk menangani tugas-tugas sehari-hari pengguna. untuk kebutuhan bisnis ini adalah sangat menghemat biaya. Web aplikasi menghilangkan kebutuhan untuk menginstal perangkat lunak pada klien, untuk secara rutin upgrade software pada klien, dan untuk mempertahankan sistem operasi klien. Sebuah aplikasi web dapat berjalan pada Mac atau PC, pada Internet Explorer atau Firefox, sehingga mengurangi biaya untuk mendukung sebuah organisasi atau perusahaan.

Jika kita telah melihat Gmail baru atau klien Yahoo mail, kita telah melihat bagaimana aplikasi web yang canggih telah diterapkan dalam beberapa tahun terakhir. Banyak dari kecanggihan itu adalah karena AJAX, yang merupakan model pemrograman untuk membuat aplikasi web lebih menarik.

Reference:
http://webtrends.about.com
http://mashable.com/2009/01/15/the-future-of-web-apps/
 

Update: 30-06-2010 | Dibaca 24527 kali | Download versi pdf: Aplikasi-Berbasis-Web-Untuk-Aplikasi-Masa-Depan--.pdf