Cegah Covid-19, Ubaya Beri Pelatihan Pembuatan VCO Guna Tingkatkan Sistem Imun Tubuh


  • 29-08-2020

Sabtu, 15 Agustus 2020, Tim pengabdian Ubaya adakan seminar dan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) di Sekolah Misi Interdenominasi (SMI), Surabaya.  Pelatihan ini diikuti oleh 40 siswa tingkat D-II, guna meningkatkan keterampilan sebagai enterpreneurship. Dr. Emma Savitri, S.T., M.Sc (Dosen Program Studi Teknik Kimia) sebagai penanggungjawab pelatihan tersebut. “Keterampilan menghasilkan produkseperti VCO yang berstandart dan dipasarkan secara komersial perlu ditindaklanjut. Mengingat  saat musim pandemi Covid-19, VCO menjadi salah satu produk yang dicari oleh masyarakat,” ungkap Ir. Jonathan Wantoro  M.Th selaku Kepala Sekolah SMI.

Siswa sekolah yang terletak di Menanggal I/10 C  Surabaya ini, berasal dari segala penjuru daerah termasuk daerah terpencil di Indonesia khususnya daerah Indonesia Timur. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan sehingga berdampak pada kualitas hidup yang lebih baik. Jiwa enterpreneurship harus terus dikembangkan sebagai bekal ketika kembali ke daerah masing masing setelah lulus.

Penyerahan bibit VCO ke mitra Sekolah Misi. Dokumentasi pribadi.

Tim dosen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari berbagai disiplin ilmu antara lain Teknik Kimia, Farmasi, dan MIPA Kimia. Anggota tim yaitu Ir.Natalia Suseno, M.Si.,Dr. rer.nat. Lanny Sapei, S.T., M.Sc., Devyani Dyah Wulansari, S.Farm., M.Si., Apt., dan Drs. Tokok Adiarto, M.Si. Seluruh tim terlibat aktif dalam kegiatan seminar dan pelatihan seperti berbagi pengetahuan tentang sifat kimia bahan,teknologi pengolahan, standarisasi bahan pangan dan obat-obatan, sertasistem pemasaran.

Salah satu manfaat minyak kelapa murni atau VCO adalah di bidang kesehatan dan farmasetika. Jika dibandingkan dengan minyak nabati lainnya, minyak kelapa murni atau VCO memiliki beberapa keunggulan yaitu kandungan asam lemak jenuhrantai medium, dan berat molekulnya rendah, sehingga mudah diserap oleh tubuh dan merupakan herbal alternatif yang ampuh untuk pencegahan dan pengobatan berbagai macam penyakit.

Virgin Coconut Oil (VCO) dengan kandungan utama asam laurat (C12) diperoleh melalui hasil ekstraksi kelapa tanpa pemanasan. Minyak kelapa ini selain berfungsi sebagai sumber energi tubuh, juga telah terbukti memiliki beragam khasiat kesehatan dan membantu meningkatkan imunitas tubuh. VCO juga telah terbukti memiliki aktivitas antimikrobadan sangat berpotensi untuk menginaktivasi virus COVID-19 karena mampu melarutkan selaput luar/ envelop dari virus COVID-19 yang mengandung lipoprotein. Mengonsumsi minyak kelapa murni sehari-hari dapat meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, sehingga dapat mencegah seseorang terkontaminasi terhadap bakteri atau virus dan penyakit-penyakit yang mematikan.

Dengan adanya kegiatan seminar dan pelatihan ini diharapkan tim pengabdian Ubaya dapat membantu meningkatkan  ketrampilan siswa SMI dalam membuat produk VCO secara mandiri. Selain itu  tim pengabdian Ubaya  juga aktif mensosialisasikan ke masyarakat  tentang  pemanfaatan minyak kelapa dalam bentuk Virgin Coconut Oil (VCO) yang mengandung banyak nutrisi dan antioksidan serta mampu meningkatkan imunitas dalam melawan COVID-19.

Update: 29-08-2020 | Dibaca 788 kali | Download versi pdf: Cegah-Covid-19--Ubaya-Beri-Pelatihan-Pembuatan-VCO-Guna-Tingkatkan-Sistem-Imun-Tubuh.pdf