Saling Menghargai Perbedaan Kunci Harmonisasi Indonesia


  • 30-08-2019

Listyo Yuwanto

Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Bhinneka Tunggal Ika berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Di atas segala perbedaan yang ada, terdapat persamaan penting kecintaan dan kepedulian pada Tanah Air Indonesia.Indonesia memiliki beragam perbedaan terutama perbedaan suku bangsa tetapi itulah kekayaan Indonesia. Kekayaan yang menjadi kekuatan apabila dikelola dengan baik sehingga menghasilkan kehidupan yang harmonis.

Kita harus mengakui dan menyadari bahwa memang terdapat beberapa perbedaan terutama terkait suku bangsa di Indonesia. Kesadaran perbedaan antar kelompok atau suku bangsa jangan digunakan sebagai sarana pemecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Ketika kita mengungkit atau membahas perbedaan biasanya yang terjadi adalah meninggikan identitas kelompok sendiri dan merendahkan identitas kelompok lain. Memfokuskan perbedaan didasarkan pada prasangka terhadap suku bangsa merupakan bentuk penghinaan sehingga harus dihindari.

Menghargai suku bangsa lain sebagai bentuk kecintaan terhadap Indonesia. Mencintai Indonesia berarti menyadari dan mengapresiasi keindahan dan kelebihannya, namun tidak berarti buta dan abai terhadap keburukan dan kelemahannya. Mencintai juga berarti menginginkan yang terbaik untuk tanah air, dengan merangkul segala kekurangan dan mengupayakan berbagai hal, seperti memberi masukan-masukan berharga tidak sekadar caci maki terhadap suku bangsa lain, demi kemajuan peradabannya. Saat ini Indonesia sedang membangun optimisme kemajuan, Indonesia bisa, dan sedang berevolusi menjadi lebih baik.

Indonesia adalah nama sebuah negara merdeka, atau identitas kewarganegaraan. Namun, kata "Indonesia" seringkali merujuk pada hal-hal lebih luas yang ada di dalamnya: alamnya, budayanya, pemerintahnya, dan juga, rakyatnya. Mau tidak mau, suka tidak suka, identitas Indonesia akan selalu melekat pada semua orang suku bangsa apapun yang mengakui sebagai warga negara Indonesia.

Warga negara Indonesia terdiri atas berbagai etnis seperti etnis Jawa, Madura, Sunda, Betawi, Batak, Aceh, Bugis, Tionghoa, Dayak, Minang, Batak, Papua, dan etnis lainnya di Indonesia. Warga Negara Indonesia apabila ditanya berasal dari mana? Jawabnya adalah dari Indonesia. Warga negara mana? Warga Negara Indonesia. IdentitasIndonesiatelah mendarah daging dalam diri kita. Mencintai Indonesia berarti mencintai diri kitadan semua suku bangsa yang merupakan bagian dari Indonesia. Segala kemajuan dan pembangunan negara yang kita upayakan, pada akhirnya akan mendatangkan manfaat dan kebanggaan dalam diri kita. Cinta pada tanah air mampu menggerakkan perubahan positif bagi setiap insan yang mendiaminyadibandingkan selalu memperdebatkan perbedaan antar suku bangsa yang sama-sama merupakan bagian Negara Indonesia.

Update: 30-08-2019 | Dibaca 299 kali | Download versi pdf: Saling-Menghargai-Perbedaan-Kunci-Harmonisasi-Indonesia.pdf