Dalam era globalisasi, menjalin kerjasama tidak lagi menjadi hal yang sulit. Banyak perusahaan lokal yang bekerja sama dengan perusahaan asing untuk menumbuhkan ekonomi negara. Tidak hanya di bidang ekonomi, universitas juga saling bekerja sama dalam memajukan dunia pendidikan yang ada sekarang. Pada 19 Januari 2012, diadakan rapat untuk menjalin kerjasama antara universitas di Amerika dengan universitas yang ada di Jawa Timur.

Rapat diawali dengan perkenalan antar rektor universitas masing-masing. “Terima kasih atas kedatangan Anda semua untuk menghadiri pertemuan ini. Saya sebagai tuan rumah merasa bangga dan senang,” sambut Prof Ir Joniarto Parung PhD.

Dalam rapat ini, para rektor saling berdiskusi untuk dapat menjalin kerjasama. “Setelah kedua universitas sepakat untuk bekerja sama, mereka dapat mengajukan proposal ke USAID,” ungkap Esti Durahsanti. USAID (United States Agency for International Development) merupakan lembaga yang menangani masalah keuangan dan administrasi sehingga kerjasama antar universitas di Jawa Timur dengan universitas Amerika dapat terwujud. (jco/wu)