Tahun ajaran baru kental sekali dengan penerimaan mahasiswa baru. Begitu pula dengan Universitas Surabaya. Rabu, 2 Agustus 2017, Universitas Surabaya kembali menyambutkehadiran mahasiswabaru dengan sukacita. Masa Orientasi Bersama (MOB)tahun ajaran 2017/2018lekat dengan nuansa Indonesia dan nasionalisme, tema yang diusung adalah Mahasura Harapan Nusantara. Mahasura merupakan bahasa sanskerta yang berarti pejuang yang besar. Tagline dari acara penyambutan maharu kali ini yakni Aku Ubaya, Aku Indonesia. Nuansa Indonesia tampak dengan dipilihnya nama pahlawan menjadi nama kelompok selama MOB Universitas Surabaya berlangsung. Upacara penyambutan dimulai pada pukul 07.00 WIB tepatdi depan Perpustakaan Universitas Surabaya Kampus Tenggilis.

Tampak beberapa Resimen Mahasiswa (Menwa) membantu menertipkan mahasiswa baru. “Diperlukan kesiapan fisik, mental dan psikis ya. Dan jika di tengah perjalanan kalian selama kuliah, ada kalanya motivasi kalian menurun, coba direfleksikan kembali, dengan tujuan apa kalian memilih Universitas Surabaya menjadi tempat kalian untuk menempuh pendidikan bangku perkuliahan” ujar Rektor Universitas Surabaya, Prof. Ir. Joniarto Parung, MMBAT, Ph.Dsaat memberikan sambutan pada pembukaan MOB 2017. Beliau juga menegaskan mengenai siklus perkuliahan yang berbeda dengan siklus pada Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ketua MOB 2017, Nabbilah Amir, S.H., M.H. Dosen Fakultas Hukum Universitas Surabaya ini menyampaikan laporan singkatkepada Pimpinan Universitas. “Dengan mencantumkan nama Indonesia ditagline, diharapkan mahasiswa baru tidak hanya belajar substansinya. Tapi bagaimana aplikasi dari substansi yang diajarkan tersebut. Nasib BangsaIndonesia, nantinya ada di tangan kalian. Maka dari itu, dengan adanya kata Indonesia, dimaksudkan untuk menadi, reminder bagi kalian” ujarnya.

Pemukulan gong oleh Rektor Universitas Surabayayang menyatakan resmi dibuka, kemudian dilanjutkan dengan tampilan beberapa UKM Universitas Surabaya sepertiUKM Football, UKM Dance, UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), serta UKM Unit Kerohanian, menunjukan kebolehannya. Lagu gebyar-gebyarpun dilantunkan oleh semua peserta pembukaan MOB 2017. (azn)