Pada hari Jumat, 14 Maret 2008, telah diadakan kuliah umum internasional yang berjudul: Labour Export in Southeast Asia di Perpustakaan Lt V, kampus Tenggilis. Sebagai pembicara adalah Dr Pan Thi Hong Xuan, Dekan Faculty of Southeast Asian Studies, Ho Chi Minh City Open University, Vietnam.

Tujuan dari kuliah umum ini adalah meningkatkan wawasan mahasiswa tentang berbagai peluang dan ancaman yang muncul terkait dinamika lingkungan bisnis regional kawasan Asia Tenggara jika kelak mereka lulus dan bekerja.

Kuliah umum tersebut dihadiri oleh sekitar 250 mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) dari jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Selain dihadiri oleh mahasiswa dalam negeri FE Ubaya, juga dihadiri mahasiswa asing yang saat ini sedang kuliah di FE Ubaya yang berasal dari Belanda, Perancis, Jerman, dan China.

Kuliah yang dilakukan dengan pengantar bahasa Inggris tersebut membahas tentang bagaimana perkembangan ekspor tenaga kerja di Asia Tenggara yang terjadi saat ini, prospeknya di masa depan, dan bagaimana dampaknya terhadap pembentukan ASEAN Community tahun 2015 khususnya peluang dan tantangan yang muncul.

Kuliah yang dibawakan sangat menarik dan dilengkapi diskusi kelompok yang dipandu langsung oleh Dr Xuan, Dr Sujoko Efferin (Dekan FE Ubaya), Dr Werner R. Murhadi (Koordinator Program Internasional FE Ubaya), Adi Tedjakusuma, MCom (Direktur Hubungan Internasional Ubaya) dan Bayu Erlangga, MM (Dosen Manajemen Sumber Daya Manusia FE Ubaya).

Berbagai sharing pemikiran dari mahasiswa Indonesia maupun mahasiswa asing terkait pengalaman di negaranya masing-masing, telah memberikan pengayaan materi dan wawasan bagi seluruh peserta kuliah umum. Hal ini juga merupakan komitmen FE untuk semakin banyak menggunakan pembicara praktisi bisnis tingkat internasional dalam berbagai kuliah umum di masa mendatang.