Berawal dari keinginan untuk menjawab kebutuhan industri kecil pembuatan es puter dalam meningkatkan kapasitas dan efisiensi produksi., Cie Hau, mahasiswa Teknik Manufaktur Universitas Surabaya, menciptakan sebuah alat yang cukup bermanfaat untuk Tugas Akhirnya.  Mahasiswa kelahiran Surabaya, 22 April 1985 ini merancang sebuah mesin pembuat es puter yang praktis dan cocok dengan harga yang terjangkau untuk home industry.

Selama ini pembuatan es puter dilakukan dengan cara manual yaitu dengan memutar tabung yang berisi adonan es puter selama 2 – 3 jam. Proses pemutaran ini membutuhkan waktu dan tenaga yang besar sehingga putaran tidak konstan. Sementara alat pembuat es puter yang ada sekarang harganya sangat mahal untuk kalangan home industri. Harga alat pembuat es puter yang ada sekarang berkisar antara 15 – 29 juta rupiah.

”Rancang bangun alat ini dilakukan dengan mengadopsi sistem yang ada pada mixer” dan menggunakan metode perancangan yang menggunakan penyaringan dan penilaian konsep, tutur mahasiswa yang lulus selama 3,5 tahun dan telah bekerja ini.

Rancang bangun ini menghasilkan alat yang dapat membuat es puter berkapasitas 15 liter dengan biaya pembuatan prototype sebesar Rp 3.072.000,00. Lama waktu proses pembuatan es puter berkisar antara 1 jam – 1,5 jam. ”Sistem isolasi pendinginnya menggunakan styrofoam dengan ketebalan yang cukup untuk mengisolasi es batu agar tidak mudah mencair”, cetus mahasiswa yang dibimbing oleh Yuwono B. Pratiknyo, S.T., M.T. dan Sunardi Tjandra, S.T.