Prof. Ir. Lieke Riadi,Ph.D, Guru Besar Teknik Kimia Ubaya mendapatkan insentif buku ajar yang merupakan hasil seleksi Dikti untuk program insentif buku ajar. Buku ajar yang berjudul Teknologi Fermentasi digunakan di program studi Teknik Kimia Ubaya.

Buku yang terdiri dari 8 bab ini ditulis untuk mahasiswa Strata 1, yang merupakan buku pegangan untuk mata ajaran Pengantar Teknologi Bioproses dan untuk mempelajari Teknologi Fermentasi. Buku ini membahas teknologi fermentasi dari proses hulu sampai hilir, dimulai dari ruang lingkup teknologi fermentasi, isolasi dan preservasi mikroorganisme, desain media, proses sterilisasi, pertumbuhan mikroorganisme, agitasi dan aerasi sampai pada desain fermentor.

Disamping itu ada satu bab yang ditulis untuk membahas fermentasi bahan pangan yang meliputi fermentasi susu, sayur, daging dan kedelai beserta aplikasinya. Aplikasi fermentasi pada bahan pangan perlu dikembangkan mengingat bidang ini dapat digunakan untuk melatih para peserta didik pada proses aplikasi fermentasi bahan pangan dalam skala kecil maupun komersil. Buku ini ditulis berbasis pembelajaran, sehingga terdapat soal-soal yang disampaikan dan contoh-contoh beserta penyelesaiannya. Walaupun ditulis untuk mahasiswa strata-1, buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa pasca-sarjana.