Direktorat Penjaminan Mutu Dan Audit Internal

http://dpmai.ubaya.ac.id

Profil DPMAI

Universitas Surabaya adalah institusi pendidikan tinggi yang selalu mengedepankan kualitas yang tinggi pada layanan seluruh kegiatan tri-dharma perguruan tinggi kepada masyarakat. Oleh karena itu upaya-upaya peningkatan mutu dilaksanakan oleh seluruh elemen yang bertanggung jawab dalam menghasilkan keluaran berbentuk kegiatan tri-dharma. Untuk mendukung upaya peningkatan mutu tersebut, Universitas Surabaya membentuk suatu unit Audit Internal pada tahun 2001 yang bertugas melakukan audit keuangan, kemudian pada tahun 2005 dibentuk Unit Quality Assurance (Jaminan Mutu). Dengan mempertimbangkan bertambahnya ruang lingkup bukan hanya pada bidang pembelajaran dan penunjang, melainkan juga mencakup pada audit keuangan dan kebijakan, maka unit Quality Assurance sejak maret 2012 diperkuat menjadi sebuah Direktorat, yaitu Direktorat Penjaminan Mutu dan Audit Internal (DPMAI). Unit ini bertanggung jawab dalam mengelola seluruh kegiatan penjaminan mutu dan berfungsi memberikan acuan kepada universitas dan segenap elemennya dalam berproses dan melangkah ke depan dengan prinsip perbaikan berkelanjutan, sehingga keluaran-keluaran yang dihasilkan oleh universitas terjamin kualitasnya sesuai dengan acuan yang telah digariskan.
 
 
 
Visi, Misi, dan Objective
 
Visi
 
Menjadi unit terdepan yang bertanggung jawab terhadap penjaminan kualitas masukan, proses, keluaran dan audit internal di Universitas Surabaya menuju Tata Kelola Universitas yang Baik.
 
Misi
  1. Membawa Universitas Surabaya menjadi suatu perguruan tinggi yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional melalui penataan proses-proses Tridharma yang efektif dan berkualitas.
  2. Menjaga dan meningkatkan standar-standar kualitas yang berlaku di Universitas Surabaya.
  3. Meningkatkan peran staf  dan auditor internal sebagai mitra bisnis strategis yang memberikan nilai tambah bagi manajemen dan seluruh jajaran unit dalam rangka mencapai tujuan institusi.
  4. Bekerja dengan berdasarkan pada sikap independen, obyektif dan profesional serta menjunjung tinggi etika profesi.
  5. Membantu unit kerja di Universitas Surabaya dalam menerapkan prinsip-prinsip perbaikan berkelanjutan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sehari-hari

Objective

  • Mengembangkan dan menerapkan  Standar Internal mutu Pembelajaran, Penelitian, Pengabdian dan keuangan sesuai dengan  siklus manajemen mutu di Universitas Surabaya
  • Menjamin mutu prodi dan unit penunjang melalui pelaksanaan audit internal dan akreditasi/sertifikasi oleh pihak eksternal
  • Mengembangkan  budaya mutu dan perbaikan berkelanjutan serta sistem umpan balik pelanggan, dan pemangku kepentingan yang efektif di civitas Akademika

Pimpinan Direktorat

Saat ini DPMAI dipimpin oleh Drs. Muhammad Rosiawan, M.T sebagai Direktur, didukung oleh Agus Susilo, SE., M.M., MBA., Ak. selaku Manajer Audit Internal dan Monevin dan Arif Herlambang, S.Si., M.Si. selaku Manajer Pengembangan dan Penerapan Standar. Berikut ini disajikan daftar karyawan secara lengkap :
  • Direktur Penjaminan Mutu dan Audit Internal : Drs. Muhammad Rosiawan, M.T
  • Manajer Audit Internal Dan Monevin : Agus Susilo, SE., M.M., MBA., Ak,QIA.
  • Manajer Pengembangan dan Penerapan Standar: Arif Herlambang, S.Si., M.Si.
  • Staf Administrasi : Suryani Ika Putri, S.E.
  • Staf Pengembangan dan Penerapan Standar : Ariesta Agustin Permatasari, S. Psi.
  • Staf Audit Keuangan :
  • Ita Megasari, S.E.
  • Teguh Santoso, S.E.
  • Nugraheni, S.E.
  • Ira Yulia Erfiani, S.E.
  • Lelyda Ana Sri Asih, S.E.

 

 

Layanan

Layanan penjaminan mutu tergambar melalui ruang lingkup tugas Direktorat Penjaminan Mutu yang tergambar dalam 11 aktifitas pokok berikut :

  1. Mengelola pengukuran kinerja pada tingkat subsistem melalui implementasi rumusan key performance indicators yang dihasilkan universitas;
  2. Mengelola pengukuran kinerja terhadap dosen melalui evaluasi pembelajaran (untuk menghasilkan Indeks Pembelajaran Dosen), penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan kelembagaan;
  3. Melakukan fungsi appraisal independen yang dibentuk didalam organisasi untuk melakukan audit, menyajikan analisis, rekomendasi, counsel, dan informasi mengenai kegiatan yang direview terkait dengan akuntansi keuangan masing-masing unit/subsistem di Universitas Surabaya..
  4. Melakukan pemeriksaan internal (audit) terhadap sistem manajemen mutu ISO 9001 secara internal melalui audit terintegrasi (audit ISO 9001:2008, dan 5R) SERTA Monevin SPP) kepala seluruh Biro, Direktorat dan unit.
  5. Mengkoordinir Tim Monitoring dan Evaluasi Internal Ubaya untuk memonitor dan mengevaluasi pengelolaan hibah yang diperoleh melalui kompetisi yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti dan pengelolaan program pengembangan;
  6. Mengkoordinir anggota Koordinator Penjaminan Mutu Fakultas/Prodi dalam melaksanakan tugas penjaminan mutu di Fakultas/Prodi masing-masing serta pelaksanaan tugas audit mutu terintegrasi (akademik dan non akademik)
  7. Mengelola dokumentasi sistem manajemen mutu Ubaya
  8. Mengendalikan tindak lanjut (tindakan koreksi dan korektif) terhadap ketidaksesuaian yang timbul dalam implementasi sistem manajemen mutu
  9. Memfasilitasi upaya-upaya peningkatan kualitas dalam bentuk penyediaan jasa pelatihan, seminar, konsultasi baik di lingkungan Ubaya dan sekolah serta perguruan tinggi
  10. Mengembangkan kapasitas internal melalui pengiriman staf untuk mengikuti berbagai pelatihan terkait sistem penjaminan mutu.
  11. Mengelola perbaikan berkelanjutan dalam implementasi sistem manajemen mutu Ubaya
 
Divisi
Di dalam struktur DPM-AI ada dua yaitu Divisi Audit Internal dan Monevin dan Divisi Pengembangan dan Penerapan Standar.
 
Prestasi
UBAYA dalam hal ini unit penjaminan mutu/DPMAI mendapat pengakuan dari Dirjen DIKTI, terkait perguruan tinggi yang telah mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan baik, seperti di bawah ini
 
 
Saat ini 27 Biro/Direktorat/Unit (BDU) sistem manajemen mutunya tersertifikasi ISO 9001:2008 (dengan ruang lingkup public administration of education services) serta Fakultas Farmasi (untuk education services)
 
Kerjasama
  • DPMAI bekerjasama dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan penjaminan mutu dan pendidikan standardisasi. Kerjasama yang telah dilakukan antara lain :
  • Kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada April 2012 melalui kegiatan studi banding. Kerjasama ini berlanjut lagi pada Juni 2012 melalui kegiatan visiting profesor, yaitu mendatangkan profesor dari UKM untuk sharing tentang penjaminan mutu di UKM. Pada kegiatan visiting profesor telah di sepakati kesepahaman kerjasama dalam Letter Of Intent (LOI) antara DPMAI dan Unit Penjaminan Kualiti UKM. Dengan telah ditanda tanganinya LOI, maka terbuka peluang yang cukup luas bagi DPMAI untuk meningkatkan kerjasama.
  • Kerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional-BSN (keikutsertaan dalam SNI Award dan Pelaksanaan Pendidikan Standardisasi)
  • DPMAI mendapat kepercayaan untuk memberikan sharing tentang penjaminan mutu yang telah diimplementasikan di UBAYA, melalui kegiatan seminar di Universitas DR Soetomo (UNITOMO) .
  • DPMAI juga melakukan kerja sama dengan pihak Sekolah Menengah Atas (SMA). Setelah menerima kunjungan dari Madrasah Aliyah Negri (MAN) Lamongan yang berkeinginan untuk menimba pengalaman implementasi penjaminan mutu di UBAYA, DPMAI melakukan pelatihan tentang Goal & Strategy ke Kepala/Waka Madrasah, tim penjaminan mutu dan guru-guru MAN Lamongan.
  • Kerjasama dengan Badan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu yaitu Bureau Veritas Indonesia & British Standard Insitution (sebagai auditor subcont)
  • Lebih jauh, DPMAI senantiasa memelihara hubungan/networking dengan lembaga internasional terkait standarisasi melalui kegiatan konferensi internasional ICES (International Cooperation for Education about Standardization) dan WSC (World Standard Cooperation), Ikatan Akuntan Indonesia dan Lembaga/Asosiasi Penguji Fraud (ACFE-Indonesia Chapter) yang menunjukkan bahwa Ubaya konsen terhadap penegakan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.
  • Kerjasama dengan beberapa insitusi ke depannya harus tetap dipelihara dan ditingkatkan baik pelaksanaan program bersama (bagi yang menjalin kerjasama) maupun pencarian jejaring baru. Bila ini terlaksana dengan baik, maka bisa meningkatan citra dan kewibawaan Ubaya di mata stakeholdernya
 
Informasi Kontak
DPMAI Universitas Surabaya
 
Jl. Ngagel Jaya Selatan 169, Surabaya 60284 Indonesia
Phone:+62-31-298-1029,1019
Fax:+62-31-298-1015
Email:dpm_ai@ubaya.ac.id
Website : https://dpmai.ubaya.ac.id
Copyright
© 2014 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2013/prospective-students/content/qa.html