Departemen MIPA

  • Deskripsi:

Ubaya memiliki beragam fakultas, antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi, Fakultas Bioteknologi, dan Fakultas Ekonomi, yang membutuhkan dukungan pengajaran dan pengembangan ilmu-ilmu MIPA yang berkualitas. Ubaya membentuk dan menugaskan Departemen MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) untuk memberikan layanan mata kuliah MIPA yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan fakultas-fakultas yang ada di lingkungan Ubaya. Tugas Departemen MIPA tersebut diimplementasikan dalam kerangka Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sehingga secara konkrit tugas Departemen MIPA adalah mengkoordinasi dan mengembangkan bidang-bidang keahlian yang berkaitan dengan ilmu-ilmu MIPA antara lain Matematika, Statistika, Fisika, dan Kimia.

Fokus pengembangan Departemen MIPA adalah pertama pada upaya-upaya pembelajaran ilmu-ilmu MIPA yang inovatif dan menarik. Beragam ide dan upaya berusaha digagas oleh tenaga pengajar Departemen MIPA untuk membuat peserta mata kuliah MIPA menjadi semakin tertarik dan mudah mengerti dalam belajar ilmu-ilmu MIPA. Fokus pengembangan Departemen MIPA yang kedua adalah peningkatan profesionalitas dan kompetensi tenaga pengajar Departemen MIPA melalui peningkatan kualifikasi pendidikan, penyediaan fasilitas untuk melakukan penelitian pada ilmu-ilmu MIPA dan publikasinya serta pengabdian pada masyarakat.

 

  • Pimpinan : Dr. Hazrul Iswadi

  • Tenaga Pengajar :

Bidang Matematika dan Statistika

  1. Dr. Hazrul Iswadi

  2. Joko Siswantoro, M.Si

  3. Idfi Setyaningrum, M.Si

  4. Joice Ruth Juliana, M.Si

  5. Fitri Dwi Kartikasari, M.Si

  6. Endah Asmawati, M.Si

  7. Arif Herlambang, M.Si

 

Bidang Fisika

  1. Elieser Tarigan, Ph.D

  2. Heru Arwoko, M.T.

  3. Lea Prasetyo, M.Sc

  4. Fenny Irawati, S.Si

 

Bidang Kimia

  1. Restu Kartikowidi, Ph.D

  2. Arief Budhyantoro, M.Si

 

  • Hasil karya

Tiga tahun belakangan, tenaga pengajar Departemen MIPA menghasilkan 4 buah buku ajar ilmu-ilmu MIPA. Buku-buku ajar tersebut mendukung silabus mata kuliah MIPA yang diajarkan di fakultas-fakultas yang ada di Ubaya. Selain itu, buku-buku teks tersebut digunakan juga di universitas selain Ubaya. Buku-buku ajar tersebut antara lain buku ajar untuk mata kuliah kalkulus, metode numerik, matematika farmasi dan kimia.

Penelitian-penelitian dari tenaga pengajar Departemen MIPA didanai oleh pihak internal dan eksternal Ubaya. Pihak eksternal Ubaya antara lain Dikti dengan skema hibah bersaing dan fundamental. Hasil-hasil penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal nasional dan internasional. Bidang penelitian ilmu-ilmu MIPA yang berkembang di Departemen MIPA antara lain bidang penelitian dimensi metric dan dominasi dalam system graf di bidang matematika, pemanfaatan bahan alam polimer anorganik di bidang kimia, penelitian terkait optimasi dan teknologi cerdas di bidang matematika dan fisika, serta penelitian alat peraga, multimedia dan manajemen kelas di bidang pembelajaran.

Pada bidang pengabdian pada masyarakat, tenaga pengajar Departemen MIPA berkiprah dalam penerapan hasil penelitian ilmu-ilmu MIPA di masyarakat. Tenaga pengajar Departemen MIPA menerapkan energi alternative di daerah-daerah terpencil. Program yang lain adalah pengembangan potensi daerah wisata di suatu wilayah. Tenaga pengajar Departemen MIPA juga menularkan inovasi pembelajaran ke sekolah dan siswa sekolah menengah dalam bentuk seminar, pelatihan dan workshop.

 

  • Kerjasama

Sesuai dengan ruang lingkup pengembangan dan profesionalitas tenaga pengajar Departemen MIPA, Departemen MIPA bekerjasama untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu MIPA dengan institusi pendidikan, perusahaan, dan pemerintah. Kerjasama dengan institusi pendidikan berkaitan dengan penelitian dan penerapan inovasi pembelajaran ilmu-ilmu MIPA. Kerjasama dengan perusahaan berkaitan dengan kebutuhan jasa konsultasi dan survey perusahaan tertentu yang membutuhkan keahlian tenaga pengajar Departemen MIPA. Sedangkan dalam hal pengabdian pada masyarakat, tenaga pengajar Departemen MIPA mengandeng pemerintah daerah dalam pelaksanaan kegiatannya.

 

  • Informasi kontak

Alamat kontak : Departemen MIPA, Universitas Surabaya

Gedung TG lt 6

Jl. Raya kalirungkut, kode pos 60292

Email : adm_mipa@ubaya.ac.id

Nomer telepon : +6231 2981398

+6231 2981259

Website : http://mipa.ubaya.ac.id

Copyright
© 2014 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/content/408075/Departemen-MIPA.html