Universitas Surabaya kembali menorehkan prestasi pada tahun 2013 ini, berdasarkan survey yang diadakan oleh Majalah MIX Connect atau MIX Marketing Communications Magazine - salah satu majalah terbitan SWA Media Inc.

 

Dikutip dari MIX Connects Magazine Edisi Agustus 2013

 

INDONESIA BEST SCHOOLS OF COMMUNICATIONS AND MANAGEMENT 2013

Ini adalah kali keempat kami menyelenggarakan survei untuk memilih Indonesia Best Schools of Communications and Management. Pemilihan Sekolah Komunikasi dan Manajemen (termasuk Marketing) terbaik setara S1 di Indonesia ini dilakukan berdasarkan wawancara kepada shakeholders kampus yang terdiri dari calon mahasiswa, para orangtua, serta praktisi Human Resource di perusahaan (sebagai user).

Guna mendapatkan hasil yang lebih representative, dari tahun ke tahun kami berupaya menyempurnakan metodelogi maupun cakupan survey persepsi ini. Dalam hal jumlah responden, misalnya, untuk menaikkan tingkat kepercayaan, pada tahun ini kami menambah responden menjadi 2.100 – pada tahun lalu jumlahnya 1.600 responden.

Sementara, untuk memenuhi aspirasi pembaca, pada tahun ini kami meluaskan cakupan survei. Kalau pada tahun-tahun sebelumnya kami hanya meng-cover Sekolah Komunikasi dan Manajemen setara S1 akreditasi A, maka pada tahun ini kami juga menyurvei Sekolah Manajemen setara S1 akreditasi B – dan semoga pada tahun depan kami bisa meluaskan cakupan survei ke akreditasi B untuk Sekolah Komunikasi juga.

Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya yang memasukkan Desain Komunikasi Visual (DKV) ke dalam rumpun ilmu komunikasi, maka mulai tahun ini kami memisahkan DKV ke dalam kategori tersendiri. Hanya saja, DKV yang kami survei pada tahun ini hanya DKV akreditasi A yang berada di wilayah Jabodetabek dan Bandung. Semoga pada tahun depan kami bisa memperluas cakupan survei ke DKV akreditasi A di kota lain dan DKV akreditasi B.

Berdasarkan survey tersebut terpilih Top 10 Sekolah Komunikasi dan Manajemen di Indonesia pilihan para stakeholders seperti yang disebutkan tadi, dan top 10 The Best University di Indonesia. Semoga hasil survei ini bermanfaat bagi anda.

 

METODOLOGI SURVEI

  1. Perguruan tinggi yang diikutkan dalam survey ini adalah perguruan tinggi penyelenggara program S1:

    • Manajemen yang mendapatkan akreditasi A (57 sekolah) dan B (55 sekolah) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional masa berlaku akreditasi belum habis ketika survey dilangsungkan).
    • Komunikasi yang mendapat akreditasi A (18 sekolah).
    • Desain Komunikasi Visual akreditasi A yang berkedudukan di Jabodetabek dan Bandung (3 sekolah)
    • Sekolah Komunikasi Top 10 hasil survei yang sama, namun pada saat survey tahun ini akreditasnya tidak diperbarui (… sekolah )
  2. Ada delapan variable persepsi ternatng perguruan tinggi tersebut yang ditanyakan kepada responden, yaitu:

    • Reputasi
    • Kualitas lulusan
    • Kesesuaian antara biaya dengan nilai/manfaat yang diperoleh
    • Kesetaraannya dengan perguruan tinggi berkualitas di luar negeri
    • Fasilitas pendidikan
    • Kontribusi social bagi lingkungan sekitar (Corporate Social Responsibility)
    • Prestasi dan pencapaian-pencapaian yang sudah diraih
    • Rekomendasi
  3. Sample survey diambil dari populasi:

    • Siswa SMA kelas 3 dan orangtua siswa di lima kota besar:Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan. Total responden siswa SMA dan orangtua siswa adalah 2.100 dimana 900 di antaranya tinggal di daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi), dan masing-masing 300 responden di daerah lain. Survei kepada responden kategori ini dilakukan secara face to face
    • Praktisi Human Resource (HR) di berbagai perusahaan di Indonesia sebagai user lulusan perguruan tinggi yang disurvei. Ada 80 HR people yang disurvei untuk Sekolah Komunikasi, dan 75 orang HR people yang disurvei untuk Sekolah  Manajemen sehingga secara keseluruhan ada 155 HR people yang berpartisipasi dalam survei ini. Menyadari terbatasnya waktu para eksekutif perusahaan, maka wawancara kepada para HR people dilakukan melalui telesurvei
  4. Survei yang diselenggarakan pada April-Juni 2013 ini dilakukan dengan metode multistage random sampling di mana tingkat kesalahan sampling-nya (sampling error) sekitar 5,99% pada interval kepercayaan 95%.
  5. Pemeringkatan hasil survey dihitung berdasar indeks rata-rata ke-8 variabel persepsi tersebut di atas.

 

http://mix.co.id/mix-magazine/indonesia-best-school-of-communications-management-2013-mix-edisi-agustus-2013/

Copyright
© 2017 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/1207/Universitas-Surabaya-Terpilih-Sebagai-Salah-Satu-Universitas-Swasta-Terbaik-Di-Indonesia.html